Translate

Rabu, 10 Oktober 2012

Apakah anak anda berbakat ??? Buktikan !!!


Apakah Anak Anda Berbakat ?



Jika Anda belum yakin mengenai hal ini,analisa sidik jari  bisa membantu untuk menguak potensi genetis,bakat dan karakter anak anda.Bahkan Anda sendiri jika Anda berminat ? 

Namun,sebelumnya ijinkan saya untuk sharing kepada Anda...
Baru baru ini ada artikel menarik yang saya dapati dari Times Asia yang berjudul " Superkids ".Wow jadi ingat sama Superman ya he he...

Superkids ? apa yang menarik.
Ini profil tujuh dari anak-anak Asia yang paling berbakat. Abigail Sin (10 tahun) anak seusia ini adalah seorang adalah pianis muda dari Singapura; 
Chandra Sekar (12 tahun) dari India termuda di dunia Microsoft Certified Systems Engineer, Ai Fukuhara (14 tahun) sekarang pelatihan untuk Olimpiade mendatang di Athena dan dianggap Tiger Woods tenis meja Jepang.
Dan setrusnya...
daftar orang-orang muda yang sangat berbakat yang datang dari semua kelompok etnis, ras, tingkat ekonomi dan wilayah geografis. Kemudian Banyak orangtua  bertanya-tanya seperti anda, apakah  anak-anak berbakat itu lahir atau hasil dari dipelihara?

Kamus Merriam Webster Collegiate yang mendefinisikan "berbakat" sebagai:
1. Memiliki kemampuan alami yang hebat
2. Mengungkapkan suatu something spesial !

Anak anak "Berbakat" telah didefinisikan sebagai orang "yang secara alami memiliki kemampuan yang luar biasa dan  kinerja tinggi". Istilah "kemampuan yang luar biasa" mengacu pada kemampuan intelektual umum, bakat akademik spesifik, kemampuan kepemimpinan, kemampuan dalam seni visual atau melakukan, berpikir kreatif, atau kemampuan atletik.

Kebanyakan anak-anak berbakat menampilkan tingkat konsentrasi dan kapasitas memori yang lebih tinggi. Tidak ada anak berbakat yang khas, untuk bakat dan lingkungan sosial  tertentu  menimbulkan pola kepribadian yang bervariasi. Pola Prestasi juga bervariasi. 
Perbedaan antara mereka akan ditemukan, bahkan ketika mereka dikelompokkan bersama-sama. Beberapa sangat kuat dalam satu subjek dan lemah pada orang lain. Para matematikawan rata-rata mungkin berbakat menjadi  pembaca, seniman  berbakat mungkin menjadi KO di matematika.Contohnya anda mungkin he he...

Karakteristik  Umum pada anak-anak berbakat 
Dalam dunia bisnis, studi manajemen banyak upaya untuk menemukan ciri-ciri dan karakteristik dari pemimpin perusahaan yang sukses, dengan percaya bahwa pemimpin dapat dipelihara dan dilatih. 
Demikian juga, ada juga kualitas dan karakteristik yang sering ditemukan di antara anak-anak berbakat, meskipun tidak mungkin dimiliki oleh semua anak. Salah satu cara yang orang tua dapat mengetahui apakah anak mereka mungkin berbakat adalah fokus pada berbagai perilaku yang terjadi didalam percakapan sehari-hari, kegiatan, dan tanggapan terhadap kesempatan belajar. Nah dalam perkembangan tehnology cara mengukur kecerdasan cara ini masuk dalam ranah pengamatan...

Berikut ini adalah daftar karakteristik umum anak anak berbakat di usia 4,5,6 tahun (Smutny, 2000):
1.
Mengungkapkan rasa ingin tahu kepada banyak hal ( cerewet banyak nanya ! )
2.
MengAjukan pertanyaan dengan bijaksana ( hei...ini anak usia balita lho ) 
3.
Memiliki kosakata yang luas dan menggunakan struktur kalimat yang kompleks
4.
Mampu mengekspresikan diri dengan baik
5.
Memecahkan masalah dengan cara yang unik
6.
Memiliki ingatan yang baik
7.
Menunjukkan bakat luar biasa dalam seni, musik, atau drama kreatif
8.
Memiliki imajinias asli yang tinggi ( sering bercerita dengan media apa saja ) 
9.
Menggunakan hal-hal yang sebelumnya dipelajari dalam konteks baru
10.
Dapat memesan hal-hal dalam urutan yang logis
11.
Senang Diskusi dan menguraikan ide-ide
12.
Adalah pembelajar cepat
13.
Keinginan untuk bekerja secara independen dan mengambil inisiatif
14.
Bukti kecerdasan dan humor
15.
Memiliki rentang perhatian yang berkelanjutan dan bersedia untuk bertahan pada tugas-tugas yang menantang
16.
Sangat jeli
17.
Tampilkan bakat dalam mengarang cerita dan mengatakan kepada mereka
18.
Tertarik untuk membaca.
Seorang anak berbakat mungkin tidak menunjukkan semua karakteristik di atas sepanjang waktu, tetapi orangtua dan profesional umumnya akan melihat pola ketika mengamati selama jangka waktu tertentu.


Dalam perkembangan selanjutnya arah perkembangan pengukuran kecerdasan kemudian : 
  1. Pengamatan ( metode murah ) namun metode trial & error perlu waktu lama 
  2. Test IQ ( Sangat Subjektive ) Jika kurang dianggap bodoh jika lebih maka cerdas 
  3. Psikotest Modern ( situsional ) masih bisa di stimulus 
  4. Psikobiometric ...sangat objective BUKAN VONIS BUKAN RAMALAN namun hanya sebagai acuan peta sukses.Jika dengan harga biaya analisa Rp 50.000, ( MASA PROMO ) untuk 6 analisa CUKUP 1 x seumur idup.Saya pikir jika anda mengatakan ini mahal.Apa boleh jika saya berpikir Anda keterlaluan...? Sementara untuk kebutuhan pulsa anda sebulan bisa lebih dari itu bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar