Translate

Jumat, 19 Oktober 2012

FAKTA WOOOWWW.......TTG OTAK MANUSIA


Fakta Aneh Dari Otak Manusia

 otak
 
Otak merupakan organ tubuh yang berperan penting untuk mengingat sesuatu, organ tubuh ini yang sangat penting dalam hidup manusia. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak terbentuk dari dua jenis sel : glia dan neuron. Sel gila ini terdapat di otak Albert Einstein: IQ Score 160, selain itu juga di miliki oleh Kim Ung yong : IQ Score : 210.
Inilah fakta aneh dari otak manusia yang tak pernah merasakan kesakitan dan bahkan tidak berhenti beraktivitas:
  1. Otak lebih aktif dalam tidur manusia
  2. Tahukah Anda bahwa otak adalah satu-satunya organ tubuh manusia yang tidak pernah tidur atau berhenti beraktivitas, walaupun Anda tidur lelap. Untuk tidur, otak akan memproses segala pengalaman, beberapa ilmuwan berpikir ini adalah alasan mengapa kita bermimpi.
  3. Otak tidak dapat merasa sakit
  4. Otak manusia terdiri dari seratus miliar sel saraf, setara dengan jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti, beratnya seukuran buah melon.
    Reseptor sakit di otak, Itulah sebabnya kenapa pasien di bius, tetapi otaknya tetap terjaga. Ketidakmampuan untuk merasakan sakit memungkinkan operasi baik dilakukan dengan lancar, dan tidak menghancurkan fungsi kontrol visual dan gerak. kita mampu merasa sakit adalah karena reseptor rasa sakit, perasaan untuk menerima sinyal ke sumsum tulang belakang dan otak, otak bersama dengan peringatan bahaya yang dikeluarkan.
  5. Otak mengkonsumsi sebagian besar energi tubuh anda. 
  6. Otak memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan anda, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Lebih menarik lagi, sejumlah besar oksigen ini masih dibutuhkan ketika otak berisitirahat.
  7. Otak kiri dan kanan Berbeda
  8. Otak terdiri dari otak kiri dan kanan, simetris satu sama lain
    Otak Kiri
    Fungsi otak kiri yaitu merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ). Berhubungan dengan hal-hal seperti kemampuan menulis, membaca, logika, rasio, dan merupakan pusat matematika.
    Otak Kanan
    Sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya komunikasi, sosialisasi, interaksi serta pengedalian emosi. Juga terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh lainnya seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.
    Otak laki-laki lebih besar dari wanita
    Otak laki-laki 10% lebih besar dari wanita. Namun otak wanita memiliki sel-sel saraf lebih banyak dan koneksi saraf, dapat bekerja lebih efektif daripada otak pria. Perempuan memiliki kekuatan pemrosesan emosional, sebaliknya laki-laki hanya memiliki kemampuan berpikir logis.
  9. Ukuran Otak
  10. Otak Einstein berat 1230g, Sebaliknya, otak laki-laki dewasa berat ata-rata adalah 1400g, ukuran otak dan IQ tidak ada hubungannya. Studi ini menemukan bahwa jumlah sel glia di otak Einstein jauh lebih dari siapa pun, sehingga ia memiliki IQ yang luar biasa.
  11. Perbedaan IQ (intelligence quotient)
  12. Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi.
    IQ tertinggi di dunia mencapai 210 dan rekor ini di pegang oleh Kim Ung yong warga negara Korea Selatan. Kim mulai menempuh pendidikan di Universitas jurusan Fisika di saat usianya masih 3 tahun, dapat membaca dan menulis dalam 4 bahasa (Inggris, Korea, Jepang dan Jerman) pada saat ia berusia 4 tahun. Pada usia 4 tahun, ia menunjukkan kemampuannya menyelesaikan soal kalkulus integral dan differential yang sangat kompleks pada suatu acara TV di Jepang.
Masih banyak fakta aneh berkaitan dengan otak manusia, seperti  mimpi, tertawa, menangis dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar