Translate

Selasa, 24 Juli 2012

Film part III

30. NO RESERVATIONS
NO+RESERVATIONS Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam film ini ada scene pas si Kate (Catherine Zeta Jones) beli bumbu dapur (rempah-rempah) untuk bikin resep rahasianya. Trus di sebelah toko itu ada restoran Indonesia‘Groceries for Indonesia’.

31. NOTHING HILL
NOTHING+HILL Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam film ini ada adegan buku yang direkomendasikan Hugh Grant pada Julia Robert, yaitu tentang pulau Bali.

32. POINT BREAK
Point+Break Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Film yang dibintangi sama Keanu Reeves bercerita tentang agent CIA yang ngejar penjahatnya seorang surfer sampai ke Sumatra, Bali, dan akhirnya di Australia saat penjahatnya mau surfing pada saat ada badai.

33. PROOF OF LIFE
PROOF+OF+LIFE Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Cerita tentang agen khusus pembebasan sandera, salah satu target operasinya adalah di Indonesia (Jakarta).

34. SNAKE ON THE PLANE
Snake+on+a+plane Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Film itu lakonnya mau liburan di Bali. Dengan jeLas beberapa kali disebut salah satu tempat di Indonesia yakni Bali. Bahkan beberapa kali pantai Kuta dengan ombak surfingnya dishoot, ada dalam scene awal dan akhir-akhir film. Akhir film, Samuel L. Jackson sama si anak itu surfing di Bali.

35. SPIDERMAN 2
spiderman2 Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam film ini ada adegan yang menampilkan topeng barong dari Bali di kamar Orsborne waktu dia mengira dimana keluarnya suara Green Goblin.

36. STRANGERS WITH CANDY
Poster strangerscandy Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Ini film garing yang kira-kira dialognya:
Cewe: Where you’re from?
Cowo: Jakarta, Indonesia.
Cewe: What’s your name?
Cowo: Megawati soekarnoputri.
Cewe: ?? (sambil ngeliat bingung ke cowo itu)
Cowo: What? it’s a common name in Indonesia.

37. THE SWEETEST THING (2002)
SWEETEST+THING+%25282002%2529 Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz ternyata juga “bermulut sampah”saat mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, “Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia”. Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan ngeliat apartemennya berantakan dipake ML gila-gilaan oleh Selma Blair, Christina bilang gini “This place is a mess like Indonesia”. Jadi, ruangan kayak kapal pecah itu disamakan kaya Indonesia

38. TALADEGA NIGHT: THE BALLAD OF RICKY BOBBY
TALDEGA+NIGHT +BALLAD+OF+RICKY+BOBBY Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Another film kocak dari Will Ferell. Ada adegan suporter/anak-anaknya neriakin musuh dengan kata-kata “send that freak back to Indonesia!”. Padahal si freak itu sendiri orang Prancis yang gay.

39. TOUTE LA BEAUTE DU MONDE
TOUTE+LA+BEAUTE+DU+MONDE Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Film Perancis ini syutingnya di Perancis, Bali, Lombok dan Thailand. Musik latarnya pake lagu Anang dan Krisdayanti dan satu lagu Mayangsari.

40. THE CONDEMNED (2007)
The+Condemned+%282007%29 Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam fim yang dibintangi oleh Steve Austin ini bercerita tentang seorang produser TV yang membuat reality show tentang 10 orang yang dipaksa berkelahi. Kesepuluh orang tersebut adalah terpidana mati yang dibeli dari negara-negara dunia ketiga. Mereka akan ditempatkan di pulau terpencil, dan harus membunuh satu sama lain. Satu pemenang tersisa akan dibebaskan dari penjara dan terhindar dari eksekusi. Nah, dalam acaranya itu berada di lintang perairan Indonesia, karena banyak pulau-pulau kecil tidak berpenghuni.

41. THE YEAR OF LIVING danGEROUSLY (1982)
THE+YEAR+OF+LIVING+DANGEROUSLY+%25281982%2529 Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi. Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang Bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt. Fim ini gak cuman nyebutin Indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.

42. THE ISLAND OF DR. MOREAU (1996)
The island of Dr Moreau Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Film tentang obsesi seorang ilmuwan sinting untuk menggabungkan manusia dan hewan menjadi suatu spesies baru. Lokasi penelitiannya berada di suatu pulau terpencil di kawasan Indonesia Timur. Setting dan kisah film ini sebenarnya tidak perlu “diambil hati” kalau saja yang membuatnya bukan sutradara kawakan John Frankenheimer. Untuk mempertegas posisi Indonesia-nya, bahkan kapalnya bernama “Ombak Penari”terus si awak kapalnya pas dah mau nyampe di pulau itu ada yang ngomong pake Bahasa Indonesia. Padahal nama kapal itu terbalik. Dalam versi novel yang ditulis H.G. Wells, kapal yang ada di film ini bernama Ipencacuanha. Di versi film, nama kapalnya berubah menjadi Ombak Penari yang diambil dari kata Wave dancer. Padahal disesuaikan dengan grammar, seharusnya terjemahannya adalah Penari Ombak.

43. THE SILENCE OF THE LAMBS
silence of the lambs ver2 Film film Asing Yang Membawa Unsur Indonesia
Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”. Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar