Translate

Kamis, 19 Juli 2012

Perilaku Anak Berbakat


Perilaku anak berbakat

Seorang anak di kategorikan anak berbakat, tak semata-mata karena mudah memahami segala sesuatu, mempunyai daya ingat baik serta mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan cepat. Anak-anak berbakat pada amumya mempunyai perilaku yang berbeda dengan anak-anak seusianya. Perbedaan-perbedaan itu terlihat dari berbagai segi antara lain :
1) Bahasa
2) Rasa ingin tahu
3) Ingatan
4) Pertemanan
Dalam segi bahasa, anak berbakat terlihat suka berbicara meniru orang dewasa, mereka  mampu berbicara menggunakan kalimat kalimat kompleks dan kata-kata yang tidak lazim, menjawab secara gamblang dan merespon pertanyaan dengan cepat.
Rasa ingin tahu anak berbakat terlihat ketika anak berbakat ini suka bertanya, bertanya, dan bertanya. Mereka  suka mencoba, jika ada pertanyaan yang tidak terjawab, anak berbakat akan meminta mencarikannya. Anak-anak berbakat akan mencoba mengerjakan sesuatu yang mereka anggap menarik dan mereka juga ingin melihat banyak tempat.
Anak berbakat memiliki daya ingat luar biasa sehingga mampu menceritakan hal pada masa lalu secara rinci. Untuk memenuhi keingintahuannya membuat anak selalu bertanya dan mencari bahan yang di inginkan. Hal yang digemari anak berbakat usia 5 tahun biasanya adalah tentang dinosaurus. Anak tak akan hanya membeli buku tentang dinosaurus tetapi hal-hal yang berbau dinosaurus seperti mainan, T-shirt, puzzle, dan sebagainya
Anak berbakat lebih memilih bermain dengan orang yang lebih tua bahkan dewasa. Jadi, anda tidak perlu mendorongnya bergaul dengan teman sebayanya. Karena kebutuhan yang dicarinya dapat terpenuhi oleh anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Anak berbakat akan merasa tidak nyaman bila berada dengan anak sebayanya yang membuatnya terlihat begitu berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar