Translate

Selasa, 17 Juli 2012

part II


Setelah lama tidak nulis di blog, jadi kangen lagi untuk menghidupkankannya lagi. Apalagi dengan kerjaan yang isinya bnyak bengongnya dari pada kerjanya(Ups…). Daripada melamun dan ngelantur kesana kemari mengdingan keep posting aja. Semoga dengan ini akan menjadi hobi yang bermanfaat.hehe. ( dan sory kepada pengunjung yang telah comment tapi belum TS respons).
brain
brain
Ok balik lagi ke inti postingan, seperti di judul saya tulis “Otak kanan vs otak kiri”. Kalau kita pernah belajar biologi, maka kita tidak akan merasa asing dengan istilah otak kanan dan otak kiri. Dalam pelajarang Biologi, diajarkan ( kalo nggak salah) kalau otak kita terdiri dari otak kanan, otak kiri, dan otak kecil.Pokoknya itu lah ada bagian yang kanan yang kiri( percaya aja ma saya:D). Apa fungsi otak? Kita semua tahulah apa sih fungsi otak?Funsinya adalah untuk berfikir. Ini berarti akal kita berada otak bukan di dengkul lho…Namun ternyata secara fungsi otak kanan dan otak kiri memiliki perbedaan. Saya coba ambilkan gambar hasil tanya ke Mbak Google tentang otak kanan dan kiri seperti yang ada diatas. Maaf kalo menggunakan bahasa inggris, bagi yang tidak biasa ya tolong dibiasakan.hehe
Coba kita lihat gambar diatas apa isi otak kanan dan otak kiri kita.
Otak kiri:
  1. Analytical( Analisa)
  2. Logical(Logika)
  3. Precise(presisi)
  4. Repetitive(perulangan)
  5. Organized(Keteraturan)
  6. Details(Details)
  7. Scientific(Ilmiah)
  8. Detached(Objektif)
  9. Literal(Tepat)
  10. Sequential(berurutan).
Sedangkan untuk otak kanan Apa isinya?
  1. Creative(kreatif)
  2. imaginative(imajinasi)
  3. General
  4. Intuitive(intuisi)
  5. Conceptual(konsep)
  6. Big Picture(berfikir global)
  7. Heuristic(apa ya…?berfikir secara historis kali ya)
  8. empathetic(Empati)
  9. Figurative ( suka yang kias2:D)
  10. Irregular (tidak teratur)
Jika kita lihat sekilas 10 sifat/fungsi otak kanan dan kiri saling berlawanan dan memang berlawanan akan tetapi saling melengkapi.Dan inilah salah satu kekuasaan Alloh yang menciptakan berpasangan dan saling melengkapi.Menurut anda mana yang lebih bagus?Silahkan jawab dengan hati nurani anda…hehe. Dan jawaban itu akan mencerminkan dimana anda berada.Bingung?kalo bingung makanya pegangan…hehe.
Mana yang lebih bagus?
Ada yang menjawab otak kiri.Lihat saja dengan otak kiri kita yang bekerja optimal kemungkinan besar kita bisa jadi juara kelas, bahkan juara sekolahan. kalo orang kuliah IPKnya bisa 4.00.Hebat bukan?Orang yang otak kirinya bagus biasa disebut orang cerdas, pandai, pintar dll. Orang otak kiri nilai matematikanya 10, fisika 9, dll
Akan tetapi ada juga yang menjawab otak kanan lah. Lihat orang orang kanan( baca otak kanan), mereka menjadi para pemimpin dan menjadi para pengusaha. Tapi ini sangat minim terjadi untuk kalangan kita bangsa indonesia. Dan paradigma bangsa indonesia masih beranggapan bahwa orang orang kanan adalah orang yang tidak pandai, kurang berprestasi,dll. Bagaimana tidak mereka tidak suka diatur, celelekan, serba imajinatif dan khayalan. dan hal hal ini adalah ciri ciri yang menjadi ciri negatif budaya kita. Sehingga kalayak masyarakat menganggap miring terhadapnya. ada yang dibingungkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar