Translate

Senin, 16 Juli 2012

Panca Indera anak 4 s/d 7 bln


Pada usia ini sikecil sedang asyik asyikya mengembangkan kelima indera mereka. Sikecil sedang belajar duduk, mengambil mainan dan tertarik pada obyek lain seta belajar merangkak. Mereka mulai memahami dan mengantisipasi lebih banyak apa yag mereka lihat, dengar dan rasakan. Lalu sejah mana perkembanganindera bayi usia 4 – 7 bulan ini?


Penglihatan
Ia belajar melihat tangannya sendiri, berusaha mengenali wajah seseorang yang mencoba dekat dengannya selain orang tuanya, serta leluasa melihat kekanan, kekiri  keatas serta kebawah. Seiring dengan meningkatnya interaksi bayi dengan lingkungan, para orangtua juga harus terus memperhatikan respon sikecil terhadap penglihatanya. Pada usia 6 – 7 bulan, sikecil mulai konsentrasi penuh sambil memegang mainan atau melihat wajahnya sendiri dicermin. Ia sudah dapat melihat lebih banyak benda daripada bulan sebelumnya meskipun belum dapat melihat jauh. Dan mulai memahami struktur dan detail benda yang dipegangnya.
Bayi pada usia ini menikmati desain yang rumit dan dapat membedakan warna. Untuk menstimulasi penglihatanya, anda bisa membacakan buku – buku dengan gambar besar dan warna cerah. Untuk melihat hal – hal baru, anda juga bisa ajak sikecil jalan – jalan keluar rumah seperti supermarket atau kebun binatang. Yang semua itu adalah kesempatan bagus untuk melihat hal baru bagi sikecil.
Pendengaran
Pendengaran sangat penting dalam hal perkembangan bicara bayi. Sejak lahir, sikecil sudah mulai memahami maksud suara anda. suara yang menenangkan akan membuatnya berhenti menangis, sedang suara yang bernada tinggi menandakan ada sesuatu yang tidak biasa. Pada akhir fase usia ini sikecil mulai memahami komponen dari berbicara dari suara yang berbeda -beda yang anda berikan. Kata kata itu akan disimpan dalam memorinya dan ia sudah mulai mengucapkan suku kata yang senada seperti “ma,- ma,- ma” atau “da,- da -da” yang proses tersebut bisa disebut babbling. Berusaha menirukan suara -suara yang didengarnya dan diikutinya dengan mengoceh. Latihlah buah hati anda dalam usaha awal untuk berbicara dengan sepenuh hati dengan sering mengulang kata kata anda atau yang diucapkan sikecil dengan kata – kata sederhana yang digunakan sehari – hari misal mama, papa , maem, adek, dll.
Perasa Dan Penciuman
Pada usia periode ini . dokter akan menyarankan penambahan makanan padat pada bayi. Untuk mengenalkan bermacam – macam rasa dengan latihan sensorik lidahnya. Tapi dalam awal pengenalan makan padat usahakan satu macam rasa dahulu yang diberikan. Ini untuk membantu anda mengenali apakah rasa tersebut disukai atau mengenali alergi yang mungkin muncul. Paling baik mengenalkan rasa manis dari buah – buahan dan sayuran seperti pisang, pepaya, jeruk dan lihat reaksi sikecil. Lalu anda bisa melanjutkan dengan MPASI lain seperti bubur susu dan ada akan tahu rasa apa saja yang disukai sikecil.
Untuk penciumanbayi usia ini lebih peka dan bisa membedakan terhadap bau orang – orang disekitarnya terutama orangtuanya. Sehingga sikecil akan lebih nyaman dengan orang – orang yang sudah dikenalinya.
Sentuhan
Stimulasi sentuhan terhadap sikecil untuk melatih indera perabanya memang tidak ada habisnya. Dengan memperkenalkan benda – benda yang dilihat dan diraihnya didalam maupun diluar rumah. Dengan sentuhan dan ciuman lembut orang – orang disekitarnya membuat sikecil merasa nyaman dan dicintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar