Translate

Senin, 16 Juli 2012

Panca Indera Bayi 1 s/d 2 bln


Merespon Suara Dengan Gerakan
Saat bayi baru lahir Indera pendengaranlah yang paling awal berfungsi dengan baik. Bayi mulai mendengar suara dalam frekuensi dan desibel tertentu. Saat mendengarsuara ,bayi akan merespon dengan gerakan. Bayi bisa mengenali asal suara melalui beberapa tahapan, Yaitu gelombang suara ditangkap oleh daun telinga dan diteruskan melalui membran timpani. Lalu, membran ini mengubah gelombang suara menjadi getaran. Selanjutnya getaran melewati tulang pendengaran yang kemudian diteruskan menuju rumah siput( klokea). Di rumah siput ini terdapat reseptor berupa rambut – rambut halus sensoris dan pergerakan cairan yang menghantarkan getaran menuju sel syaraf sensoris menuju otak dalam bentukimpuls dan diubah menjadi informasi suara.

Mampu Mengenali Suara Ibu
Bila indera pendengarannya baik, bayi akan mampu mengenali suara ibu yang memanggil namanya sejak usia 3 hari. Sebenarnya dalam hal pendengaran, sejak dalam kandungan ia sudah bisa mendengar detakjantung, suara sistem pencernaan, bahkan suara dari luar kandungan. Dan yang paling unik, apapun yang ibu dan ayah lakukan dia akan mengetahuinya, termasuk menyanyikan lagu, membacakan cerita. Dan saat usianya bertambah ia akan mengingat lagu atau cerita yang pernah didengarkan. Mengagumkan!!!
Tertarik Melihat Benda Hitam Putih
Bayi baru lahir bisa melihat cukup baik dengan fokus yang jelas untuk benda jaraknya berkisar 20 – 25 cm. Jadi jika ia digendong , ia akan memandangi anda dengan sungguh – sungguh. Bayi baru lahir senang melihat wajah daripada benda lain, sehingga ia kan bisa mengenali garis dan bentuk wajah ibu di banding orang lain. Meski penglihatanya sudah berfungsi, namun pandangan bayi masih kabur atau gelap bila melihat benda dalam jarak lebih dari 25 cm. Karena otot dan syaraf mata bayi masih dalam proses berkembang. Minggu – minggu pertama, bayi tertarik melihat garis melengkung , benda tiga dimensi serta gambar hitam dan putih daripada benda berwarna.
Menyukai Rasa Manis
Penelitian menyebutkan bahwa bayi baru lahir cenderung menyukai rasa manis. Bisa membedakan bau ASIibunya dan ASI ibu orang lain. dia akan menangis bila di beri rasa selain rasa manis seperti asin atau pahit.
Jangan Batasi Eksplorasi Sentuhan si kecil
Yang terpenting adalah Sentuhan terhadap bayi baru lahir. Melalui kulit dan kepekaan, dia mengenali dunia disekitarnya dengan sensasi seperti suhu udara,tekanan,tekstur. Dengan sentuhan ibu dan ayah membuat bayi merasa nyaman dan melekatkan kedekatan hubungan anak dan orang tua. Dengan menggendong, belaian, mengayun , menciumi dan sebagainya, niscaya bayi merasakan nyaman luar biasa. Disarankan bagi ibu , jangan menutup tangan bayi dengan sarung tangan. Memang itu bertujuan untuk menghangatkan atau khawatir ada kuku yang melukai wajahnya. Tetapi hari – hari selanjutnya lepaskan sarung tangan pada bayi, agar dia bisa membuka dan menutup tangan sesuai rangsangan serta merasakan sentuhan yang Ibu berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar