Translate

Selasa, 17 Juli 2012

Sistem Kerja Otak ( Part II )


Cara Kerja Otak Manusia (Part 2)

Artikel kali ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya. Silahkan membaca Cara Kerja Otak Manusia (Part1) agar pemahaman Anda lebih sip.
Di postingan kali ini, sesuai dengan cara kerja otak manusia poin 4 yang menyatakan bahwa otak manusia hanya bisa fokus selama 10 menit, maka saya hanya menulis 4 poin cara kerja otak manusia yaitu poin 5 s/d 8 dan sisanya akan disambung dipostingan selanjutnya.
Baiklah, ini dia cara kerja otak manusia selanjutnya:

5. Mengulangi Untuk Mengingat
Otak manusia memiliki 4 tahap pengolahan informasi yaitu mengodekan, menyimpan, memanggil dan melupakan. Keempat tahap itu menjadikan otak manusia bagaikan mesin pengolah informasi dengan beragam mekanisme.
Ketika otak tidak berniat menyimpan sebuah informasi dengan baik maka peluang untuk terlupa akan cukup besar namun ketika otak dirangsang untuk menyimpan informasi dengan baik maka ingatan akan informasi itu akan terus kuat.
6. Mengulangi Informasi
Banyak informasi penting yang diterima otak namun sulit untuk ‘dipanggil’ karena sudah terlalu lama disimpan. Sebab itu otak harus terus menerus dirangsang untuk mengulangi suatu informasi agar proses ‘pemanggilan’ tidak tersendat atau bahkan tidak berhasil, dan inilah yang disebut dengan lupa.
Tak jarang pula proses pemanggilan suatu informasi ttidak berhasil meski informasi tersebut baru saja diterima otak. Hal ini terjadi karena otak dirangsang untuk menyimpan informasi yang relevan dan masuk kedalam hitungan tertinggi di skala prioritas.
7. Otak Jarang Beristirahat
Salah satu organ tubuh yang jarang beristirahat adalah otak. Meski sedang tidur, otak manusia tidak sepenuhnya beristirahat tapi tetap aktif secara ritmis. Sebab itu ketika manusia kurang tidur yang menyebabkan otaknya kurang beristirahat maka kemampuan otak seperti ketangkasan motorik, keterampilan kuantitatif, penalaran, pengambilan keputusan ataupun perhatian akan menurun drastis.
8. Otak Bisa  Mengalami Stres Berat Dan Ringan
Manusia hanya memiliki satu otak yaitu otak yang sama yang kita digunakan di rumah, di sekolah, di kantor, dan dimana saja. Sebab itu stress yang dialami otak di suatu tempat akan berpengaruh pada kinerja otak ketika digunakan ditempat lain.
Saat stres ringan yang biasanya berdurasi pendek seperti ketika sedang diburu kerjaan kantor yang laporannya harus masuk hari itu juga, maka kinerja otak akan meningkat. Sedangkan jika otak mengalami stres berat maka kemampuan otak untuk belajar dan berfungsi dengan baik akan terganggu.
Saya sudahi postingan kali ini karena saya tidak mau Anda ‘eneg’. Untuk mengetahui cara kerja otak manusia poin 9 s/d 12 silahkan membaca Cara Kerja Otak Manusia (Part 3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar