Translate

Selasa, 17 Juli 2012

Sistem Kerja Otak ( PART III )


Cara Kerja Otak Manusia (Part 3)

Baiklah, kali ini kita akan menyambung postingan yang lalu tentang cara kerja otak manusia. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah membaca Cara Kerja Otak Manusia (Part1) dan Cara Kerja Otak Manusia (Part 2) agar lebih mudah untuk memahami keseluruhan cara kerja otak manusia.
Berikut cara kerja otak manusia poin 9 s/d 12:

9. Otak Merekonsruksi Informasi Yang Diterima Melalui Indera
Sebuah informasi yang didapat indera akan dikirim ke otak atau dengan kata lain otak menerima informasi melalui indera. Lalu, otak akan menerjemahkan informasi itu kedalam bentuk sinyal-sinyal listrik, meneyebarkannya ke bagian otak yang lain dan merekonstruksi sebuah ingatan untuk informasi tersebut.
10. Otak Lebih Mudah Menyimpan Informasi Gambar Daripada Suara
Otak manusia akan bekerja lebih efektif dalam merekonstruksi dan menyimpan sebuah informasi dalam bentuk gambar daripada tulisan, apalagi kalimat yang terucap. Otak manusia hanya mampu mengingat 10% dari kata-kata terucap setelah tiga hari, tapi informasi dalam betuk gambar akan teringat 65% dalam waktu yang sama.
Otak manusia akan lebih mudah mengingat fisik kalajengking daripada mengingat tulisan kalajengking :-)
11. Otak Pria Dan Wanita Berbeda
Dalam merespon informasi, otak pria dan wanita berbeda. Otak pria akan mengaktifkan amygdala di sebelah kanan otak, sedangkan wanita mengaktifkan yang disebelah kiri. Aktivasi otak sebelah kiri ini akan menyimpan informasi secara lebih detil karena menyimoan bagian inti dari informasi tersebut.
12. Otak Selalu Ingin Tahu
Keinginan untuk mengeksplorasi sesuatu begitu besar pada otak. Keinginan itu tetap ada meski sudah berusia lanjut. Otak akan bersikap aktif pada lingkungan seperti melakukan pengamatan, membuat dugaan, melakukan pengujian, merumuskan kesimpulan dan sebagainya. Beberapa bagian otak manusia dewasa tetap lentur seperti bagian otak bayi. Itu sebabnya otak menciptakan staraf-syaraf baru untuk mengeksplorasi sesuatu.
Itulah keduabelas cara kerja otak manusia menurut John Medina melalui buku Brain Rules : Principles for Thriving at Work, Home and School.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar