Translate

Senin, 16 Juli 2012

Stimulasi Telapak tangan dan kaki pada bayi



Anda pasti sering melihat Sikecil menggenggam tangan ibu atau ayah, Semua tangan yang menyentuhnya,segera saja ia akan genggam juga, ternyata ,bermain dengan telapak tangan dan kakinya dapat membuat kecerdasannya semakin meningkat. Bagaimana hubunganya dengan kecerdasan?. Saat anda bermain – main dengan telapak tangan serta kakinya bermanfaat pada rangsangan taktilnya (sentuhan). Anda merangsang maturitas otaknya melalui gerakan tangan dan kakinya. Serta meningkatkan kepandaianya karena rangsangan penglihatan ,pendengaran dan kedekatan sosial yang anda berikan selama berinteraksi dengan sikecil.
Refleks menggenggam pada tangan dan kaki bayi
Secara fisiologis gerakan ini telah ada sejak dalam  kandungan dan terjadi pada bayi baru lahir normal.Refleks – refleks ini merupakan pemekanisme proteksi bagi bayi dan persiapan untuk koordinasi gerakan yang lebih kompleks dikemudian hari sejalan dengan perkembangan usianya. Jika refleks ini tidak ada padabayi, maka kemungkinan besar terjadi gangguan syaraf atau otot pada bayi. Refleks ini juga dikenal denganpalmar grasp. dan akan menghilang pada usia 5 -6 bulan.
Cara stimulasi telapak tangan dan kaki
  • Berikan stimulasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sambil bermain, berbicara, bernyanyi, memandang matanya, bercanda dan tertawa.
  • Gunakan tangan atau jari – jari anda atau alat bantu /mainan yang sederhana, aman dan ada disekitar sikecil.
  • Letakan benda /mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah misalnya rattless).di tangan atau disentuhkan benda tersebut pada punggung jari – jarinya.
  • Jaga agar benda tersebut tidak melukai bayi atau tertelan
  • Upayakan ia dapat meraba dan merasakan berbagai bentuk mainan/benda
Mengapa stimulasi pada bayi penting.
  1. Semakin sering di stimulasi maka semakin banyak sinaps atau sambungan sel- sel syaraf didalam otaknya. Bila stimulasi yang sesuai umurnya diberikan secara rutin sedini mungkin, maka sinapsakan semakin kuat dan sikecil akan semakin pintar dan cerdas.
  2. Kurang stimualsi akan memperlambat sambungan sinaps, yang akan menyebabkan lambatnya perkembangan sikecil
  3. Seringnya sikecil di stimulasi dalam suasana yang menyenangkan menyebabkan hubungan anda dan sikecil akan semakin kuat dan dekat
  4. Banyaknya variasi stimulus yang anda berikan akan membuat perkembangan otak kiri dan kanannya seimbang sehingga kecerdasannya pun akan semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar