Riset kedokteran menunjukkan bahwa,
bayi yang baru lahir memiliki 14 milyar sel otak, hanya sedikit perbedaannya
dengan otak orang dewasa. 60% dibangun sebelum usia 3 tahun dan 80% sebelum 8
tahun. Oleh karenanya penting untuk mengembangkan sel-sel otak ini selama masih
janin dan setelah lahir dan menyediakan lingkungan yang kondusif guna mendukung
perkembangan otak tersebut.
Perkembangan potensi kecerdasan
adalah sebuah proses yang rumit. Hal ini bukan saja menyangkut berapa jumlah
sel atak yang ada namun lebih merupakan ketersambungan antara sel – sel ini
dalam keseluruhan jaringanotak. Hanya 5% dari milyaran sel otak yang
berkembang. Sementara 95% lainnya belum. Oleh karenanya potensi
pengembangan otak menjadi tidak terbatas.
Multiple Intelligence
1. Logis Matematis
Kemampuan untuk mengeksplorasi pola
– pola kategori dan hubungan dengan memanipulasi objek atau symbol dan dengan
eksperimen menurut cara yang terkendali dan teratur. Kemampuan untuk menalar
baik secara deduktif atau induktif dan untuk mengenali dan memanipulasi pola –
pola abstrak dan hubungan – hubungan.
Ciri – ciri :
- Suka hal – hal yang bersifat matematik atau ilmiah
- Senang permainan yang membutuhkan strategi seperti
puzzle dan catur
- Senang menyelidiki fenomena alam dan kejadian untuk hal
– hal yang baru.
Cara menstimulasinya:
v Bermain games yang
menggunakan strategi dan logis sperti catur dan domino.
v Mendorong anak berani
berpendapat atau opini terhadap kejadian, cerita dan film
v Menonton program televise
yang berkaitan dengan matematika atau pengetahuan
v Selalu melibatkan anak dalam
berbagai aktivitas dalam keseharian
v Mendaftarkan anak kursus
dalam mental aritmatika
v Belajar mengoperasikan
computer dan software ringan
v Mendorong anak untuk
berfikir dan menyelesaikan masalah
v Membeli bahan atau
perlengkapan untuk kepentingan percobaan yang dilakukan oleh anak.
Contoh Karir:
Programmer, banker, akuntan, ahli
statistic, analisa data, pialang, auditor, manajer pembelian, jaksa, peneliti
dan profesi kesehatan serta Teknisi computer
2. Linguistik
Kemampuan untuk menggunakan bahasa
guna menjadikan sebuah informasi menarik diterima dan meyakinkan. Melibatkan
tidak hanya kemudahan dalam menghasilkan data namun juga sensitivitas terhadap
tata letak dan ritme kata.
Ciri:
- Senang berinteraksi, tulis menulis dan debat
- Senang mendengarkan orang lain dan senang dengan
pertanyaan
- Senang membuat audience mendengarkan pendapatnya dan
memiliki kosakata yang bagus
- Senang bermain dengan kata – kata.
- Senang baca tulis dan memahami fungsi bahasa baik dalam
menghafal tempat, nama dan tanggal
Cara menstimulasinya:
v Main games huruf, kata –
kata dan puzlle kata silang
v Mendorong untuk gemar
membaca dan orang tua menyediakan tempat khusus membaca di rumah.
v Belajar dan menulis dengan
mendengarkan
v Didorong untuk mengungkapkan
pendapat sendiri
v Belajar bahasa lain
3. Intrapersonal
Kemampuan untuk memahami perasaan,
impian dan ide
Ciri:
- Mampu menempatkan kesenangan atau ketidaksenangan
terhadap aktivitas tertentu.
- Dapat mengkomunikasikan perasaan
- Peduli terhadap kelemahan dan kekuatan
- Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki
- Mampu untuk menempatkan tujuan – tujuan yang sesuai
- Mampu untuk bekerja meraih cita citanya
- Baik dalam memahami dirinya sendiri
- Baik dalam memahami dan mengamati instingnya
- Senang menjadi dirinya sendiri
Cara menstimulasi:
v Tanya anak mengenai pendapat
sendiri
v Mendorong anak untuk
berfikir tentang kejadian hari ini dan menuliskannya
v Menyediakan buku
perkembangan dirinya sendiri
v Menetapkan tujuan bersama
dengan anak – anak
v Mendorong bertanya dan
melakukan kegiatan bersama- sama
v Mendorong anak untuk
mengungkapkan perasaan dan emosinya
Karier yang sesuai:
Psikolog, terapis, filosofis,
pemimpin keagamaan, pekerja social, pembimbing meditasi, pemimpin organisasi,
trainer, professional dalam bidang kesehatan mental
4. Interpersonal
Kemampuan untuk memahami orang lain.
Ciri :
- Menunjukkan ras empati terhadap orang lain
- Berhubungan baik dengan rekan sebaya dan orang yang
lebih dewasa
- Menunjukkan kecakapan kepemimpinan
- Bekerjasama dengan baik dengan orang lain
- Sensitive terhadap perasaan orang lain
- Baik dalam mengatur, mengkomunikasikan dan kadang kala
memanipulasi seseorang
Cara menstimulasi :
v Mendorong anak untuk mengunjungi
teman dan berinteraksi
v Medorong anaka untuk berbagi
pendapat
v Mendorong mengamati orang
lain (gerak gerik dan ekspresi) dan mendiskusikan apa yang diamati dan artinya
v Mendorong untuk
berpartisipasi dalam kerja social
v Mendorong anak untuk
berpikir dari sedut pandang yang berbeda
v Mendiskusikan sifat – sifat
tokoh dalam film atau buku
Karir :
Guru, antropologis, pemimpin
organisasi, costummer service, public relation, sales , travel agent,
sosiologis, pembawa acara talk show politisi dan konsultan
5. Body Kinestetik
Kemampuan untuk menggunakan motorik
kasar dan halus dalam olahraga seni dan produksi kerajinan. Intelegensi ini
melibatkan tubuh untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan produk dan
untuk menuangkan ide dan emosi.
Ciri:
- Memiliki keseimbangan yang baik, ritme yang baik
- Memiliki gerakan yang indah
- Dapat membaca bahasa tubuh
- Memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata
- Dapat menyelesaikan masalah dengan cara mengerjakan
- Dapat mengkomunikasikan ide melalui gerak- gerik
- Baik dalam aktivitas fisik dan seni
Cara menstimulasi :
v Mendorong untuk menjawab
pertanyaan dengan bahasa tubuh
v Mendorong untuk membuat
karya ketrampilan tangan
v Mendorong partisipasi dalam
aktivitas olahraga dan tarian
v Bermain permainan untuk meningkatkan
koordinasi Syaraf- otot
Karier :
Atlet, fisioterapis, model, mekanik,
koreografer, artis, pembuat kerajinan, penemu, penari, artis sirkus, dokter,
perawat, pelatih olahraga dan militer.
6. Visual Spasial
Kemampuan untuk memanipulasi sebuah
bentuk atau objek dan untuk menciptakan keseimbangan dan komposisi dalam
tampilan visual atau spasial.
Ciri-cirinya:
- Senang menggambar dan merancang bangun.
- Senang puzzle
- Memperhatikan detail
- Mengingat tempat dengan bantuan penjelasan atau gambar
- Dapat membaca peta
- Memiliki orientasi yang baik.
- Baik dalam menggambarkan benda, membaca peta dan kurva.
Cara menstimulasi:
- Mendorong visualisasi dan konseptualisasi bahan bacaan
- Mendorong bermain permainan yang memerlukan penggunaan
visualisasi.
- Mendorong untuk melontarkan ide dan pemikiran melalui
gambar dan grafik untuk mengekspresikan diri mereka sendiri.
- Mendaftarkan anak ke kursus membuat kerajinan, gambar,
dan fotografi.
Karir:
Dekorator interior, desainer
interior, fotografer, arsitek, pilot, ahli bedah, pelukis, pemahat, chef,
illustrator buku, pemandu wisata, desainer baju dan perhiasan.
7. Musikal
Adalah kemampuan untuk menikmati,
memainkan, dan membuat karya musical. Termasuk juga sensitivitas dalam ritme
suara, dan respon terhadap dampak emosional elemen-elemen ini.
Ciri:
- Memiliki sensitivitas dalam pola-pola suara.
- Membedakan suara dengan jelas.
- Mencari dan menikmati pengalaman musical.
Cara melatihnya:
- Mendorong untuk menyanyi
- Mendaftarkan anak ke les music.
- Mendorong anak untuk mendengarkan music selama membaca
atau relaksasi.
- Mendorong anak untuk mendengarkan ritme alam dan
mencoba untuk menemukan polanya.
- Mendorong untuk menggunakan lagu untuk mengekspresikan
perasaan.
Karir: Terapis musik, guru musik,
penulis lagu, konduktor, pemain instrument musik.
8. Naturalis
Merupakan kemampuan untuk mengenali
flora dan fauna, serta fenomenanya.
Karakter:
- Senang kegiatan outdoor, binatang, tumbuhan, dan
benda-benda alam lain.
- Senang dan memperhatikan hal-hal semisal perubahan
cuaca, perubahan daun di musim gugur, suara angin, hangatnya matahari,
atau juga seekor serangga di ruangan.
- Mungkin membawa pulang binatang dari luar, dan memiliki
binatang peliharaan serta ingin memiliki lagi.
Cara melatih:
- Mendorong aktivitas yang berkaitan dengan alam
- Mendorong membaca bahan yang berkaitan dengan topik ini
- Mendorong untuk mengamati, mengapresiasi, dan
mendengarkan siklus dan suara alam.
- Mendorong hoby yang berkaitan dengan alam, seperti
berkebun, memilihara binatang.
Karir: penjaga hutan, pelatih
binatang, penjaga kebun binatang, ahli pertanahan, botanis, ilmuwan, peneliti
burung, dokter hewan, petani/peternak, penjaga kelestarian hutan.
Hasil analisa sidik jari untuk
multiple inteligence, kita fokus pada bakat genetik yang paling menonjol (
grafik paling panjang), untuk intapersonal dan interpersonal itu wajib
dikembangkan karena itu adalah bekal anak atau seseorang dalam hidup
bersosialisasi. Untuk dua aspek yang paling menonjol, itulah yang kita sebut
sebagai bakat unggul. apabila kita berangkat dari bakat unggul seseorang maka
tidak mustahil seseorang itu mencapai prestasi puncaknya dalam waktu yang
relatif singkat, efisien waktu, tenaga dan materi. karena kita memiliki langkah
yang jelas, akan kemanakah awalnya kita dalam mengembangkan bakat seseorang/
anak.
Untuk mengikuti Analisa Sidik Jari,
silakan hubungi :
1.Liana : 08126066109 (boleh SMS).
2.Lindawaty : 08192053298
3.Jenny : 085360762363
4.Aphei : 083199221987
5.Sukhun : 081265996088
6.Tono Sebastian : 08126000779
Tidak ada komentar:
Posting Komentar